Skip to main content

Motif Batik Nusantara Paling Terkenal di Seluruh Dunia

Kalau kamu belum tau berbagai jenis motif batik nusantara, nah saatnya kamu baca lebih lanjut artikel ini! Karena ternyata banyak lho motif batik asal Indonesia yang terkenal dan disukai di luar negeri.


Kain batik secara keseluruhan telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia sejak tahun 2009.
Jika zaman dulu batik lebih identik dengan gaya berpakaian orang tua, kini semakin banyak kawula
muda yang juga dengan bangga mengenakannya.


Batik Sido Asih

Sekitar tahun 1960-an batik motif Sido Asih dibuat dengan motif yang cukup kuno. Saat ini memang batik Sido Asih cukup sulit ditemui hingga harganya pun menjadi sangat mahal bahkan bisa mencapai Rp 50 juta lho!


Batik Tiga Negeri

Nggak kalah mahal dari motif batik sebelumnya, motif batik Tiga Negeri juga terkenal langka dan oleh karena itu dihargai sangat mahal. Kenapa sih harganya bisa mahal? Sudah pasti karena proses pembuatan batik ini yang sangat rumit karena proses pewarnaannya harus dilakukan di tiga tempat yakni Pekalongan, Lasem hingga Solo. Makanya batik ini kemudian dinamai batik Tiga Negeri. 


Batik jenis ini pun mengalami akulturasi budaya Tionghoa karena daerah jawa tengah tersebut yang
berlokasi dekat area pesisir. 


Batik Megamendung
Selain famous di luar negeri, batik model Megamendung juga banyak disukai secara lokal. Katanya nih, motif unik ini bahkan menginspirasi salah satu wardrobe kartun populer. Pasti udah pada tahu kan kartun apa yang dimaksud?


Nah batik ini berasal dari Cirebon. Biasanya batik ini berbentuk awan dengan warna biru, putih hingga
merah yang menggambarkan daerah pesisir Cirebon yang lugas dan terbuka.


Batik Kawung
Nah ini salah satu motif batik paling populer dan dikenal lho. Polanya seragam dan dipercaya menjadi salah satu motif batik tertua di nusantara. Menurut sejarahnya, motif batik kawung hanya boleh dikenakan oleh Kerajaan Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan lingkungan kerajaan. Namun saat ini sih sudah banyak yang mengenakan motif ini hingga dikenal juga ke mancanegara.


Batik belanda
Walaupun dinamai dengan negara Eropa, motif batik ini tetap merupakan motif batik nusantara kok. Ciri khas batik ini ada pada motifnya yang erat dengan budaya Eropa. Kalau melihat lebih detail, pada motif batik ini ada gambar bunga tulip, dan berbagai tokoh dongeng asal Eropa seperti Cinderella, Snow White hingga Hansel dan Gretell. 


Pada zaman dulu ketika menjajah Indonesia, para kolonial tertarik pada keindahan kain batik
nusantara sehingga mulai mempelajari cara membatik dan memproduksi sendiri kain batik belanda
untuk berbagai hal. Karena sangat langka, nggak heran harga batik belanda amatlah mahal.


Batik Lasem
Lagi lagi salah satu motif paling populer nih yakni batik lasem. Umumnya batik ini merupakan campuran antara budaya Jawa dan Tionghoa. Hal ini terlihat dari ciri khas seperti kupu-kupu, bunga hong hingga warna merah yang digunakan.

Comments

Popular posts from this blog

Area yang Harus Diperhatikan Saat Membersihkan Rumah

Tidak cuma enak dilihat, rumah yang bersih pula dapat membuat penghuninya lebih sehat serta leluasa tekanan pikiran. Supaya rumah tetap apik, bebersih pasti wajib jadi aktivitas yang teratur. Tetapi sudahkah Kamu ketahui metode membersihkan rumah yang baik serta efisien? Terapkan metode membersihkan rumah ini membersihkan mesin cuci Tidak cuma menyapu serta mengepel, mesih mencuci juga butuh dibersihkan Wajib mulai dari mana? Bisa jadi itu persoalan yang kerap menghinggapi Kamu dikala hendak beres- beres rumah. Membersihkan rumah tidak cuma semata- mata menyapu serta mengepel. Sebagian perihal berikut butuh Kamu pahami serta jalani biar tempat tinggal Kamu betul- betul leluasa dari bakteri penyakit: Mulai dari ruang cuci Coba lihat ruang tempat Kamu cuci baju. Apakah masih terdapat gunungan baju kotor yang tergeletak begitu saja? Ataupun Kamu tersendat dengan bau tidak nikmat yang menguar dari mesin mencuci? Bila ya, segeralah bilas saat sebelum kuman- kuman menyebar

Barang-Barang ini Cocok untuk Hantaran Pernikahan Lho!

Kalau kamu bingung ingin memilih barang apa saja untuk memenuhi hantaran pernikahan , coba cek inspirasi berikut ini ya! Biasanya paket penyedia produk seserahan akan memberikan ide barang apa saja yang bisa disertakan untuk hantaran. Walaupun hantaran merupakan simbol bekal kehidupan dari keluarga pria kepada calon pengantin wanita, tapi kita sebagai pengantin wanita boleh ikut memilih barang apa saja yang akan disertakan, tujuannya agar produk yang didapat bisa sesuai dengan keinginan dan akan awet dipakai. Isi dari hantaran atau seserahan nikahan sebenarnya boleh dipilih sesuai kebutuhan, nggak ada barang wajib yang harus selalu diberikan dalam rangkaian barang seserahan. Biasanya sih, barang yang diberikan akan disesuaikan dengan keperluan si calon pengantin wanita. Oh iya, jika kamu akan menggunakan tradisi jawa, jangan lupa untuk menyediakan hantaran dalam jumlah ganjil. Nah berikut ini beberapa barang yang bisa dijadikan inspirasi hantaran : Perlengkapan

Kenalan dengan Obat Ranitidin Sebelum Mengonsumsinya

Ranitidine( ranitidin) obat apa? Ranitidine( ranitidin) merupakan obat buat kurangi jumlah asam lambung dalam perut. Obat ini berperan buat menanggulangi serta menghindari rasa panas pada perut( heartburn), maag, serta sakit perut yang diakibatkan oleh tukak lambung. Ranitidin pula digunakan buat menyembuhkan serta menghindari bermacam penyakit perut serta tenggorokan yang diakibatkan oleh sangat banyak asam lambung, misalnya erosive esophagitis serta refluks asam lambung( gastroesophageal reflux disease, GERD). Ranitidine tercantum ke dalam kalangan obat H2 blocker. Obat ini pula ada tanpa formula. Bila Kamu memakai obat ini tanpa formula, perhatikan instruksi pada kemasan secara saksama sehingga Kamu ketahui kapan wajib menghubungi dokter ataupun apoteker. Gimana ketentuan minum ranitidine( ranitidin)? Ranitidin merupakan obat minum, satu ataupun 2 kali per hari ataupun cocok instruksi dokter. Pada sebagian keadaan dapat saja diresepkan 4 kali satu hari. Bila Kamu meminum obat ini s